Resume ke 1

Senin, 19 Juni 2023
Angkatan ke ; 29
Nar-sum        ; Dr. Wijaya Kusumah M.Pd
Moderator.   ; Bunda Raliyanti
Materi.          ; Menulis Setiap Hari 

Meski penat dan ngantuk berat, aku tetap berusaha menyimak WAG sampai tuntas. Aku malu pada diri, yang tak bisa membagi waktu dengan baik. Bagaimana tidak, dalam materi yang sama, ini kali kedua aku mengikuti nya. Di KBMN 28, aku ikut, persis seperti ini. Saat itu, aku betul-betul tak bisa berbuat apapun tentang "apa yang harus kulakukan setelah mengikuti materi dengan baik ?" 
Blog....? Aku tidak pernah kenal. Aku tak tahu, apa-apa tentang blog dan blogger. 
Aku hanya diam, dan berusaha mencari bantuan tentang bagaimana caranya aku harus membuat blog. Alhasil, tugas 1,2 dan 3 hanya tersimpan di word laptop yang aku punya.

Dr. Wijaya Kusumah, adalah orang yang baru aku kenal dari jarak jauh, bahkan, sampai saat ini, belum pernah bersua secara langsung. Tetapi dari sekian banyak tulisannya, sungguh menjadi bom yang luar biasa bagi penulis pemula seperti ku. 

Dari beliau, aku kenal Kompasiana. Dari beliau, aku jadi banyak membaca, dan dari beliau, aku punya banyak tulisan yang termuat di beberapa media. Tulisan ringan, kadang berupa catatan pendek, anekdot, cerpen, puisi, pentigrap dll. Aku juga telah menghasilkan 19 buku antologi dari hasil menulis bareng teman-teman se Nusantara.

Om Jay benar, "tulisan mu adalah warisan yang super mahal bagi anak cucumu. 

Semalam om Jay bercerita banyak dari mulai beliau bukan menjadi siapa-siapa, sampai beliau banyak dikenal orang dan di ikuti langkahnya. Ada pesona tersendiri yang membuat para peserta KBMN 29 betah menyimak semua arahan yang beliau berikan. 

Tahaddud bin ni'mah, mungkin itu tujuannya. Beliau tunjukkan berapa honor yang dicapai om Jay dari menulis di Kompasiana.

Dengan bahasa yang santun, om Jay memberikan sebuah data tentang honor yang di dapat dari menulis di Kompasiana. Tentu, hal ini membuat  semua penulis ingin juga mendapatkan hal yang sama dari kepenulisan mereka.
Namun ada hal yang paling penting, yakni KONSISTENSI di dalam menulis. Maka tidak heran, dimanapun, kapanpun om Jay selalu mengatakan: MENULISLAH SETIAP HARI.

pertemuan yang dihadiri oleh seluruh anggota angkatan ke 29 ini, ditutup dengan sejumlah pertanyaan dari para peserta. Sebagaimana biasa, om Jay sangat piawai dalam menggiring opini mereka pada jawaban yang singkat, padat dan lugas.


Sidoarjo, 19 Juni 2023
Musiroh Muki 
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TM Ke 7 KBMN 28