TM ke 8 KBMN 28



TM KE 8 KBMN 28
Komitmen Menulis Blog
Rabu, 25 Januari 2023
CATATAN PINGGIR 
Oleh : MUSIROH MUKI


 
2,5 jam bukan waktu yang singkat. Ini adalah waktu terpanjang bagiku sejak mengikuti kegiatan di KBMN 28. Tetapi sungguh sangat luar biasa, pak Dedy mampu menghipnotis kami, kami merasa seperti baru beberapa menit saat beliau menengok jam tangannya dan berkata ; wah....sudah lebih 30 menit ya.... Kekuatan hipnotis yang luar biasa.

Diawali sebuah pertanyaan kepada kami, dlm 10 menit, kami diminta untuk menemukan ; siapa beliau?. Kami pun berburu informasi. Dan.... Aku cuma fokus pada satu kalimat yang menurutku sangat luar biasa. BELAJARKU dengan PAK DEDI DWITAGAMA. 

Sesi penjelasan dimulai dengan menampilkan slide yang menurut ku tidak hanya sekedar gambar, melainkan bahasa implisit yang betul-betul butuh kejernihan berfikir dan kecepatan menangkap seluruh makna dalam gambar itu.

Menurut ku, judul diatas, tidak hanya sekedar kata tanpa makna, tetapi, Kata konsisten, adalah sebuah kata yang mudah diucapkan, tetapi amat sulit dilakukan. Butuh proses yang panjang, kesabaran yang tinggi, dan tanggung jawab yang besar. Diakui atau tidak, konsistensi butuh sebuah perjuangan yang berat dan tidak semua orang bisa, kecuali dia memang mau berusaha. 


    Blog adalah singkatan dari WeBlog yang artinya jenis situs web yang menyerupai tulisan tulisan pada halaman web, biasanya disusun diurutkan secara kronologis (waktu kejadian) mulai dari postingan yang terbaru berada di bagian atas halaman utama (halaman depan / homepage) diikuti postingan paling lama dibawahnya. Blog adalah istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah WeBlog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diperbarui secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. (1) Modul Pelatihan Blog | Pengembangan & Penerapan Teknologi Informasi 2016
    Secara garis besar, WeBlog dapat dirangkum sebagai kumpulan tulisan pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan tautan internet, dokumen-dokumen seperti word, excel, PDF, gambar ataupun multimedia lainnya.(2) ibid hal 1

Menurut pak Dedi, guru hebat bukanlah mereka yang memiliki karir yang luar biasa, bukan juga mereka yang sudah masuk dijajaran guru penggerak, bahkan bukan pula karena dia memiliki gelar Profesor. Apalah artinya jika mereka tidak pernah dikenal oleh orang-orang sekitarnya. Sebagai ilustrasi, beliau mengumpamakan ada seseorang meninggal di rumah kita, si Fulan bilang, ada pak guru meninggal, siapa namanya? Gak tahu, tapi dia sering pakai baju batik PGRI. Maka dia tak lebih baik dari sandal jepit 

Sandal jepit bisa dicari di Google, saat kita membutuhkan. Mulai dari yang terbaik sampai yang ter jelek. Dari yang termahal sampai yang termurah. Tetapi ketika kita tidak dikenal oleh sekeliling kita, maka apalah artinya, ingat sandal nabi ; 

Mulailah untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Menulislah di blog. Jika kita menjadi guru yang berprestasi, memiliki banyak penghargaan, ada piala berjejer dirumah, medali dll, maka tulislah di blog, sebab piala yang berjejer akan sirna saat musibah gempa melanda, dan kita tak pernah dikenang oleh mereka.

Bagaimana cara menulis di blog?
Mulailah dengan :

  • Tujuan
  • Menemukan ide
  • Bergerak / mulai menulis
  • Tuntaskan
  • upload 
  • ber Jejaring
  • Terus berkarya
  • Perbanyak teman di semua lini
  • Analisa global
  • Sukses
Dari 10 komponen bahkan mungkin lebih, akan muncul *Produktifitas*. Maka dengan sendirinya, semua mimpi yang ada dalam benak, in sya Allah terwujud.

Selanjutnya pak Dedi menjelaskan, bahwa berproses itu, butuh waktu, kesabaran, ketekunan dan do'a yang senantiasa wajib kita panjatkan. 

Pada akhir sesi, beliau menyampaikan bahwa manusia mati akan meninggalkan jejak - jejak langkah yang selama di dunia telah di lakukan. 


Sementara pepatah mengatakan :

Gajah Mati meninggalkan gading, manusia mati, meninggalkan nama baik. 





Sambi Bulu, 00,55 wib
Musiroh Muki 






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume ke 1

TM Ke 7 KBMN 28