TM KE 20 KBMN 28
TM
KE 20 KBMN 28
Pemasaran Buku
Rabu,
21 Pembururi 2023
By ; Musiroh
Muki
"Kemana muara semua tarian jemari kita?
muara semua hasil karya kita? Yess allright PEMASARAN. Bagaimana langkah
memasarkan buku kita? Apakah via offline ataukah sesuai perkembangan saat ini
dengan cara online. Teknis yang menarik dan jitu bagaimana yaa. Semua akan
terjawab malam ini. Hanya disini di KBMN 28 kita akan belajar trik jitu ilmu
pemasaran hasil karya kita. So... Simak yaa malam ini, dont forget....!"
Aku menyebutnya “RACUN” yang wajib di tenggak bersama oleh peserta KBMN
28. Ini racun berharga, mahal bagi para penulis . Malam ini, seluruh peserta KBMN 28 akan kembali belajar bersama di depan laptop atau gawai mereka. Akan ada info penting yang bisa diambil dari pertemuan malam ini. Sudah siap ?
OOO...tentu...kami para pembelajar selalu siap dengan segalanya. Termasuk secangkir kopi panas atau teh hangat serta roti kesukaan kami, sudah kami siapkan .... he he he....
malam bapak ibu calon penulis hebat di
seluruh Indonesia. Apakah masih bersemangat di pertemuan ke 20 ini???. Sapa seorang gadis cantik diseberang sana.
Saya harap semuanya masih bersemangat. Baiklah saya buka kegiatan malam ini.
Salam sejahtera
Om Swastiastu
Nammo budhaya
Salam Kebajikan
Malam ini, kembali saya Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas.
Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya.
"Semua orang akan mati kecuali karyanya.
Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"
[Ali bin Abu Thalib]
Wow...sebuah kalimat pemantik yang Indah, penuh hikmah. Begitu pikirku. Dari layer yang tampak, dua orang malam ini, masing-masing memiliki kekuatan yang luar biasa. Aku semakin antuasias mengikuti materi malam ini.... hmmm....
Seperti yang kita ketahui bersama buku
merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Hasil tulisan kita tentu
saja ingin bermuara menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya bingung bagaimana
cara memasarkan buku yang sudah di cetak.
Sahabat Nusantara,
Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.
*Pemasaran Buku* sebuah judul
materi yang menggelitik dan layak kita simak dan kuasai. Mari kita simak
bersama pemaparan nara sumber kita yang luar biasa ini..... [tepuk tangan para peserta menggema]
Malam ini, saya akan menemani Bapak/Ibu yang hebat dan tangguh untuk belajar bersama kepada seorang Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI. Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan. Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta.
Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau. Beliau bernama Bapak Agus Subardana S. E., M. M. atau biasa dipanggil bapak Agus.
Sebelum mulai kegiatan marilah kita
berdoa supaya ilmu yg kita dapat menjadi berkah dan bermanfaat untuk kita
semua. Berdoa dipersilahkan......
Seperti biasa, kuliah malam ini dibagi
menjadi 4 sesi:
1. Pembukaan
2. Pemaparan materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup
Bagi yang ingin bertanya, silakan menggunakan format nama, asal sekolah, dan pertanyaan. Kirim ke 082131167414 (Sita ).
Aku tak salah tebak. Perempuan ini, selain cantik juga cerdas. Kata-katanya lugas dan mengandung magnet luar biasa....
Apakah bapak Agus sudah siap?
Sambil menunggu bapak Agus, silahkan bapak ibu menikmati kopi hangat dan camilannya.
hmmm.... Kami tersenyum di balik WAG yang sedang berlangsung sambil seruput segelas susu coklat hangat dan sehelai roti sisir dari balik gawai... "BELAJAR ITU TERNYATA MUDAH"
Selamat malam Bpk Ibu ,,,
Saya akan memulai dengan berpantun
terlebih dahulu...
1. Singgah sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari Saya Agus Subardana
2. Sakit Gigi jangan di tahan
Karena banyak mengunyah makaroni
Puji Syukur Kepada Tuhan
Kita bertemu di Grup Belajar Menulis malam ini
3. Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi
Pemasaran Buku
Applaus untuk pak Agus...begitu aku teriak kegirangan. Luar biasa....
Buku merupakan salah satu sumber ilmu
pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak
– anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda
yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah
mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam
membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya
membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan
peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri
Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan
buku yang maksimal maka kita perlu
strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua
wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat
dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit
ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori
produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi -
Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku
tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis
katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan
dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .
Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang
meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis
Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya
yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah
termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan
telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan
menjadi 32 katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami
petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan
Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada
faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat
kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
B. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
a. Pemasaran
buku lewat Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah?
Karena dengan adanya
internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.
Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang kita
terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
1. Content marketing adalah salah satu
jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten
untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan
dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari
blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan
upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing
(SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan
visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan
istilah SERP.
4. Social media marketing memanfaatkan
berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita
bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial
seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang supaya lebih menarik
Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang
adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan
online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda.
Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media
sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
Contoh pantun Jualan di Media Sosial
supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
Masih banyak cara untuk menarik
perhatian calon pembeli dengan pantun2 yang dapat kita buat.
5. Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa
menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk
secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa
memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, We Chat, dan platform
messenger lainnya.
7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi
strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu
media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel
TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel
Youtube juga dinilai sangat efektif
karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat
ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live
streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini
kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Rencana Kami Penerbit Andi, akan
menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia.. dengan hadiah
yang cukup menarik.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas ;
Kita tentunya punya komunitas masing –
masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
b. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat
ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi
sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok
Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku
maka kita perlu pemetaan jenis toko
buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern,
Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko
buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai
sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia
Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya
masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko .
Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di
atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem
titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan
jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
2.
Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini
kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis
Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa
target pasar yaitu :
- Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
- Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut
diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut
kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang
bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
- Kunjungan
langsung ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.
Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event –
event seperti event Pameran buku, dalam
seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Demikian yang dapat saya sampaikan
Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi
pemasaran buku yang terus berkembang.
Luar Biasa..... Pemaparan yang sangat lengkap dari seorang praktisi manajemen penjualan. Ilmu ekonomi yang harus ditempuh dalam 2 semester saat di bangku kuliah. Terimakasih pak Agus, terimakasih om Jay, terimakasih KBMN 28...
Tak ada kata yang pantas untuk ku sematkan dalam diri ini selain :
"AKU TERNYATA TIDAK TAHU, BAHWA MASIH BANYAK HAL YANG BELUM KU TAHU"
Sesi terakhir dari materi malam ini, adalah tanya - jawab.
P1
Endang Ratna Juwita
Asal Bogor.
pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?
Terima kasih Pak
P2
Saya Evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam
P3
Bunda Mahyla dari Malang
Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih
P4
Ijin
bertanya mba sita dan Pak Agus.
Saya
Dewi dari Seruyan Kalteng.
1.
Saya sudah menulis beberapa buku baik solo dan antalogi, dan semuanya masih
dalam tahap untuk konsumsi pribadi, jadi untuk memasarkan buku kita tersebut
saya masih belum merasa pede karena adanya ketakutan dalam diri akan karya kita
yang mungkin rasanya masih banyak kekurangan, bagaimana mengatasi hal tersebut?
2.
Kemudian bagaimana cara kita bisa menumbuhkan minat orang lain agar bisa
tertarik dg buku kita karena masih kurangnya literasi masyarakat akan
pentingnya membaca buku ditambah sekarang media online lebih banyak digemari
daripada buku cetak.
3.
Apa ada syarat khusus untuk kita bisa menerbitkan buku di penerbit mayor?
P5
Ass...
nama
: eka hy asal padang pertanyaan saya:
Apakah
ada tim yg bisa "membenahi" ejaan dan tulisan yg kurang baku sebelum
diterbitkan di penerbit Andi?
P6
Rosjida
Ambawani - Ciamis
1.
Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku
oleh penerbit mayor Andi Offset ?
2.
Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi
Offset dan lesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?
Makasih
P7
Bunda
Latifah
Saya
mau tanya..
1.
Apakah yang sulit dalam menulis
2.
Mohon diberikan contohnya
P8
Farida
Lisanti
Mohon
izin bertanya pak Agus dan Bu Sita 🙏 saya sangat tertarik dengan iven
yang akan direncanakan penerbita ANDI tentang lomba membuat film pendek bagi
pelajar 👍
Bagaimana
caranya agar dapat mendaftar? Adakah syarat ketentuannya?
Terima
kasih
P9
Assalmualaikum,
selamat malam, perkenalkan nama saya Hasbi Aprizal, asal Sukabumi.
1.Bagaimana
menyiasati penjualan buku agar Best seller?
2.
Ketika sudah Best seller bagaimana caranya agar buku kita tidak di plagiat atau
difotokopi dengan bebas?
Terimakasih
Salam
Literasi
P10
Assalamualaikum
Bu Sita
Saya
Eka Yulia dari Kab. Seruyan.
Pertanyaan:
1.
Strategi pemasaran buku seperti apa yang tepat bagi penulis pemula yang belum
terkenal dan tidak memiliki pangsa pasar/ pembaca yang tetap?
2.
Ketika terjadi ketidak sesuaian setelah buku dicetak, (misalnya masih terdapat
typo, tanda baca tidak sesuai, penulisan nama yang salah) apakah penulis boleh
meminta perbaikan kembali pada penerbit?
P11
Imro'atus
Sholihah_ MTsN 4 Jombang Jatim 1.
Saat ini banyak situs yang membagikan e-book gratis, bagamana pandangan bapak ttg
hal ini terkait prospek pemasaran buku?
2.
Setiap penerbit pasti memiliki idealisme tersendiri berkait syarat-syarat buku
yang diterima dari penulis, bagaimana idealisme Andi offset?
3.
Bagaimana prosedur penerbitan buku di PT. Andi?
11 pertanyaan telah dijawab pak Agus dengan baik dan sempurna via Voice Call. Penjelasannya sangat luar biasa, sesuai dengan kondisi kekinian di pasaran. Terimakasih sudah memberi pencerahan.
Selanjutnya, sebagai nara sumber, beliau memberi closing statement ;
Tentang prosedur penulisan buku tersebut ada di blog saya.. terimakasih
SILAHAKAN KUNJUNGU DI BLOG SAYA Literasikangagus.blogspot.com
saya tutup dengan sebuah pantun ...
1. Manis kehidupan adalah rupa ujian
Hatilah yang harus selalu sadar menempatkan.
Jenis tulisan adalah cara penyampaian.
Pilihlah yang membuatmu merasa nyaman
2. Mengais pinta kadang terasa naif.
Memelas ampunan sering hanya saat diuji saja.
Menulis adalah tindakan kreatif.
Kreativitas adalah proses panjang bak menempa baja.
Mohon Maaf kepada Bpk Ibu... bila ada perkataan dan tulisan yang kurang berkenan di hati. Terimakasih
Begitulah pemaparan materi ke 20 malam ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam
Sambi Bulu, 00.25 wib
Musiroh Muki.
Lengkap...gak ada yang terlewatkan
BalasHapusterima kasih dapat ilmu baru tentang pemasaran buku
BalasHapus